Software Terbaik dan Gratis Untuk Membuat Game Super Keren

Software Terbaik dan Gratis Untuk Membuat Game Super Keren, Apakah anda mempunyai ide untuk membuat game sendiri namun bingung software apa yang harus digunakan untuk membuatnya? Sepertinya anda harus mencoba software-software berikut ini.

Kali ini saya akan memberikan rekomendasi software terbaik yang bisa digunakan untuk membuat sebuah game super keren dan tentunya mudah. Beberapa software pembuat game ini juga bisa digunakan dengan gratis dan tanpa memerlukan coding yang berat.


Apa saja software gratis yang bisa digunakan untuk membuat game dengan mudah? Berikut ulasan selengkapnya.



Software Terbaik dan Gratis Untuk Membuat Game Super Keren

Software ini memungkinkan anda membuat sebuah game hanya dengan drag-and-drop. Meski begitu, anda tetap bisa mengubah script game-nya dengan bahasa pemrograman yang mudah dipahami.

Untuk versi gratisnya, anda bisa memublikasikan game tersebut ke versi Windows saja. Sedangkan untuk versi berbayar, anda bisa export ke HTML5, Android, iOS dan masih banyak lagi.

Dengan tagline No programming needed!. Construct 2 merupakan software terbaik untuk membuat game super keren bagi anda yang tidak pernah menulis coding selama hidup anda.

Game ini menawarkan GUI yang cukup baik. Untuk membuat sebuah game, anda hanya perlu melakukan drag-and-drop. Logika game dan variabel bisa anda sesuaikan dengan mudah.

Keunggulan lain dari Construct 2 yaitu anda bisa mempublikasikan game anda ke berbagai versi, mulai dari Windows Store, Chrome Web Store, HTML5, atau Facebook.

Jika anda beli versi berbayar, anda juga bisa export ke versi Windows, Android, iOS,  Mac, Linux, dan masih banyak lagi.


Godot Game Engine merupakan sebuah open source game engine yang mendukung game 2D maupun 3D. Untuk game 2D, software ini menawarkan performa yang lebih baik, lebih sedikit bug, dan alur kerja yang bersih.

Godot menggunakan sistem drag-and-drop pada saat pembuatan. Namun pengguna bisa meluaskan perintah tersebut dengan menambahkan sebuah script berbahasa Python yang biasa dikenal dengan GDScript.

Dari banyaknya game engine yang sudah dijelaskan di atas, sepertinya Unreal Engine 4 merupakan software pembuatan game yang bukan ditujukan bagi pemula.

Untuk anda yang baru mencoba Unreal Engine 4, tidak perlu khawatir. Terdapat ribuan video tutorial Unreal Engine 4 yang bisa anda lihat di YouTube jika anda merasa bingung.

Selain untuk membuat game, Unreal Engine juga bisa digunakan untuk membuat virtual reality, edukasi, arsitektur, dan film.


5. Unity
Bagi para developer game, tentu sudah tidak asing lagi dengan software Unity. Software ini memungkinkan anda membuat game berbasis 3D dengan mudah. Game 2D pun bisa dibuat.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat game dengan Unity, anda bisa memulai dengan versi Personal. Selain gratis, beberapa fitur unggulan Unity juga bisa anda gunakan di sini.
Komentar