5 Menit! 10 Cara Mengatasi HP OPPO Yang Sering Mati Sendiri: Terbaru

5 Menit! 10 Cara Mengatasi HP OPPO Yang Sering Mati Sendiri: Terbaru, Setiap perangkat Android, apapun mereknya pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Semuanya bisa mendapat masalah ataupun kerusakan. Adapun setiap pengguna biasanya memiliki masalah pada perangkat yang berbeda – beda. Namun kebanyakan masalah yang sering kali terjadi pada Aplikasi yang terinstall, bisa karena macet, lemot, muncul pesan error, atau bisa pada sistem Android.

Penyebab mengenai masalah tersebut bisa bermacam – macam, simak beberapa faktor penyebabnya dibawah ini.
  • Panas berlebih pada Hardware Smartphone.
  • Overload pada Hardware, bisa RAM, CPU, GPU
  • Smartphone OPPO telah di Root
  • Kesalahan saat melakukan Costum ROM.
  • Tumpukan file sampah yang sangat banyak dan tidak pernah dibersihkan.
  • Kerusakan pada Aplikasi yang terpasang.
  • Kerusakan pada Sistem Android.



Berikut inilah 5 Menit! 10 Cara Mengatasi HP OPPO Yang Sering Mati Sendiri: Terbaru

1. Hapus Data Aplikasi Yang Error
Yang bisa kamu lakukan adalah menghapus data aplikasi. Cara ini kamu lakukan pada aplikasi yang memang sering mengalami masalah, error, dan macet. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan semua data yang bersifat sementara, seperti basis data, cache aplikasi, history, bookmark, dan lainnya.

2. Bersihkan File Cache Android
Membersihkan file cache pada memori Android. Hal semacam ini sangat penting untuk kamu lakukan. Mengapa? Karena biasanya file cache menghambat performa smartphone dan apabila performa smartphone menurun maka bisa jadi smartphone mengalami mati sendiri atau restart tiba – tiba. Lebihnya lagi, jika pengguna tidak pernah membersihkan file sampah sampai berbulan – bulan bahkan bertahun - tahun, maka tentunya performa smartphone terasa sangat lambat. Untuk membersihkan file cache.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah menghapus aplikasi yang memang tidak pernah anda pakai. Seperti misalnya aplikasi Game. Jika misalnya kamu telah menghabiskan level dari Game itu sendiri maka pastinya kamu tidak akan pernah memainkannya lagi. Atau jika ada aplikasi lain yang sudah tidak kamu gunakan maka sebaiknya kamu hapus saja aplikasi tersebut.

4. Scan Android Dengan Antivirus
Melakukan scanning pada memori Android kamu. Bisa jadi smartphone Android kamu kemasukan virus dari luar, entah dari Internet atau dari file punya orang. Solusinya adalah scanning menggunakan Antivirus. Kamu bisa mendapatkan dan mengunduh antivirus langsung dari Google Playstore. Dan pastinya semua antivirus bersifat gratis atau free.


5. Unroot Android

Unroot Smartphone Android. Hal ini kamu lakukan apabila sebelumnya kamu pernah melakukan Root pada smartphone Android yang kamu miliki. Root terkadang membuat performa smartphone meningkat lebih baik. Namun disisi lain, ROOT juga dapat merusak sistem Android itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya HP OPPO yang telah kamu ROOT, kamu kembalikan seperti sedia kala.

6. Hapus Aplikasi Yang Mengganggu
Menghapus aplikasi yang menggangu setiap jalannya smartphone. Atau bisa juga pada aplikasi cracking yang di dalamnya terdapat virus yang merusak sistem Android. Aplikasi semacam itu tidak baik untuk di Install pada smartphone Android. Takutnya adalah dapat merusak sistem Android, dan yang pasti sistem Android akan mengalami penurunan pada sisi performa


7. Update Sistem Android
Kamu coba lakukan adalah Update Sistem Android. Cara ini akan membuat Smartphone akan lebih baik karena dari sisi software sudah di Update ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu juga, Update sistem juga akan membuat bugs atau kerusakan yang ada akan hilang.

8. Coba Cabut MicroSD
SD Card atau MicroSD android yang sedang mengalami masalah kadang memang dapat membuat performa smartphone mengalami menurunan. Dan biasanya juga dapat membuat smartphone Android mati sendiri. Untuk itulah, pastikan Micro SD kamu tidak bermasalah. Cabut Micro SD jika perlu, dan aktifkan kembali HP OPPO yang anda miliki.

9. Install Ulang Sistem
Mengatasi HP OPPO Sering mati sendiri yakni dengan menginstall ulang sistem Android. kamu harus download Firmware atau ROM sesuai dengan tipe HP OPPO yang kamu miliki. Dengan menginstall sistem, maka HP OPPO kamu akan serasa baru, lebih fresh dan lebih cepat.


10. Factory Reset
Mengembalikan Android ke setelan pabrik. Cara ini ampuh dalam mengatasi semua error yang ada pada sistem dan aplikasi Android. Namun dengan cara ini, semua data pada aplikasi dan sistem akan hilang secara total. Sementara untuk data yang tersimpan di memori Internal seperti foto, video, aplikasi, dokumen, dan musik bisa di backup terlebih dahulu. 
Komentar